Penyakit yang Dapat Sembuh dengan Makan Apel

7 Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Mengonsumsi Buah Apel
Penyakit yang Dapat Sembuh dengan Makan Apel

PKVSLOT – Penyakit yang Dapat Sembuh dengan Makan Apel Apel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Manfaatnya mulai dari melawan Alzheimer hingga meningkatkan kesehatan kulit kepala

Apel adalah buah bercita rasa manis dan gurih. Jenisnya juga cukup banyak, dua yang populer adalah apel merah dan hijau. Buah ini berasal dari kawasan Eropa Timur dan Asia Barat Daya. Rasanya juga bervariasi, ada jenis yang manis seperti madu, ada pula jenis yang memiliki rasa asam meski buahnya sudah matang

Faktanya, apel adalah makanan sehat yang nyaris tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol. Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi antioksidan seperti flavonoid, serat, air, vitamin A, E, D, K, B1, B2, B3, serta B6 dan mineral seperti zinc, tembaga, zat besi, natrium, kolin, lutein, zeaxanthin, asam ursolat.

Meski mengandung gula dan karbohidrat, jenisnya termasuk karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

Khasiat Apel Terhadap Beberapa Jenis Penyakit

Mulai dari kulit hingga dagingnya, buah dengan nama Latin Malus ini menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa kamu cegah atau atasi dengan mengonsumsi apel:

1. Melawan Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Dengan kandungan quercetin yang berperan sebagai antioksidan aktif, buah ini mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan pada usia tua.

2. Mencegah kanker

Studi dalam Cancer Lett menyebutkan bahwa kandungan fitonutrien pada apel dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker usus dan paru. Selain itu, salah satu jenis flavonoid yang terdapat pada buah satu ini juga efektif untuk mencegah sekaligus mengurangi risiko kanker pankreas. 

Sementara itu, penelitian lain dalam jurnal Annals of Oncology juga menyebutkan, rutin mengonsumsi satu apel setiap hari membantu menurunkan potensi terjadinya kanker payudara sampai 18 persen dan kanker kolorektal sampai 20 persen. 

Akan tetapi, masih perlu adanya studi lain yang bisa menguatkan efektivitas apel untuk mengatasi kanker pada manusia.

3. Menstabilkan gula darah

SLOTGACOR – Manfaat apel selanjutnya adalah menstabilkan gula darah dalam tubuh. Secara tidak langsung, makanan sehat ini dapat membantu mencegah diabetes dengan cara memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa masuk ke aliran darah.

Ini berkat polifenol pada buah tersebut yang mencegah terjadinya kerusakan pada sel beta dan jaringan pankreas. Sel beta dapat memproduksi hormon insulin dan kerap mengalami kerusakan saat seseorang terserang diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, serat pada buah ini juga menjadi makanan untuk bakteri baik pada usus. Manfaat ini bisa memberikan perlindungan tambahan dari penyakit kencing manis.

4. Menurunkan risiko sakit jantung dan stroke

Khasiat apel lainnya adalah mengurangi risiko sakit jantung. Ini berkat kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yaitu polifenol yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa flavonoid epicatechin juga bekerja aktif untuk membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mencegah risiko stroke. Senyawa polifenol banyak terdapat pada bagian kulit sehingga kamu tidak perlu mengupas buah ini ketika ingin memakannya. 

5. Mengatasi asma dan menjaga kesehatan paru-paru

Dalam membantu mengatasi dan mencegah munculnya gejala asma, senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel bekerja dengan mengatur respons imun. Dengan kekebalan yang baik, tubuh bisa dengan sendirinya mengusir alergen yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara itu, konsumsi apel secara rutin juga efektif untuk membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Manfaat ini terjadi berkat kandungan vitamin C yang bekerja dengan menghilangkan racun dan radikal bebas dari organ tersebut.

6. Mendukung kesehatan tulang

Apel mengandung banyak mineral penting, termasuk zat besi dan kalium. Keduanya menawarkan manfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan antiperadangan dan antioksidan pada buah ini juga berperan penting untuk mendukung massa tulang seiring dengan usia yang semakin bertambah.

7. Apel baik untuk diet

Pektin adalah serat larut dalam apel yang berperan penting untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Serat ini akan bekerja sama dengan fitonutrien lainnya untuk mengendalikan gula darah dan lemak. 

Tidak hanya itu, kandungan serat juga membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan lama sehingga cukup efektif sebagai salah satu buah untuk diet. 

Itu tadi beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi maupun dicegah dengan secara rutin mengonsumsi buah apel.

ZOYAQQ

ADMIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *