Buah Pala dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Biji Pala, Ketahui Kandungan Nutrisi ...
Buah Pala dan Manfaatnya bagi Kesehatan

PKVSLOT – Buah Pala dan Manfaatnya bagi Kesehatan Buah pala yang rendah akan kalori dan nikmat di santap ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat-manfaat di peroleh dari kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, dan nutrisi lainnya dalam buah pala.

Pala merupakan tanaman rempah yang memiliki beragam kegunaan pada setiap bagian tanamannya. Daging buah pala dapat di olah menjadi berbagai makanan, seperti manisan, asinan, dodol, selai, dan sirup

Buah pala mengandung myristicin yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antikanker yang bermanfaat bagi tubuh.

Beragam Nutrisi dalam Buah Pala

Dalam 100 gram buah pala segar terkandung 42 kalori dan berbagai nutrisi berikut ini:

  • 11 gram karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 0,3 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 32 miligram kalsium
  • 24 miligram fosfor
  • 1,5 miligram besi
  • 22 miligram vitamin C

Selain itu, buah pala juga mengandung senyawa myristicin, beta karoten, dan monoterpen.

Manfaat Buah Pala bagi Kesehatan

Berikut ini adalah berbagai manfaat buah pala bagi kesehatan:

1. Melindungi tubuh dari efek radikal bebas

Buah pala mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini membantu melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas yang menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung dan kanker.

2. Melindungi tubuh dari peradangan

Buah pala di duga berpotensi sebagai antiradang. Ini berkat kandungan myristicin yang ada di dalamnya. Menurut studi, myristicin dapat menghambat produksi prostaglandin, yaitu salah satu senyawa dalam proses peradangan.

Selain itu, myristicin dalam buah pala juga di nilai mampu menghambat senyawa sitokin dan mediator peradangan lain.

3. Melawan bakteri penyebab jerawat

Buah pala juga di duga bermanfaat untuk melawan jerawat. Manfaat ini di peroleh dengan memanfaatkan ekstrak dan minyak atsiri dari buah pala yang dapat melawan bakteri Cutibacterium acnes penyebab jerawat.

4. Bertindak sebagai antidepresan

Minyak atsiri dari daging buah pala mengandung myristicin dan monoterpen. Menurut sebuah penelitian, myristicin bermanfaat sebagai sebagai antidepresan atau obat untuk menangani depresi.

Sementara itu, monoterpen dapat berinteraksi dengan reseptor serotonin, yaitu hormon yang dapat mengatur suasana hati. Saat serotonin berada di tingkat normal, Anda akan merasa lebih tenang dan bahagia.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan myristicin pada buah pala di duga memiliki efek antikanker. Menurut penelitian, myristicin dapat menghambat pertumbuhan sel rhabdomyosarcoma atau kanker otot.

Buah pala juga mengandung kalsium yang di percaya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker jika dik onsumsi bersama dengan vitamin D.

Selain itu, myristicin pada pala juga mempunyai efek antikovulsan atau antikejang.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih di butuhkan untuk memastikan efektivitas dan kemungkinan efek samping buah pala.

Untuk memastikan konsumsi jumlah buah pala yang aman, terutama jika Anda memiliki kondisi medis khusus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.

ZOYAQQ

ADMIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *