5 Sebab Rekan Kerja Selalu Mengulur Waktu Setiap Setim denganmu

5 Sebab Rekan Kerja Selalu Mengulur Waktu Setiap Setim denganmu

5 Sebab Rekan Kerja Selalu Mengulur Waktu Setiap Setim denganmu

ZOYAQQLOUNGE – Dalam lingkungan kerja, apa lagi sebuah tim, efisiensi jadi kunci keberhasilan bersama. Setiap anggota punya peran dan tanggung jawab sesuai kesepakatan, dan perlu diselesaikan tepat waktu supaya berhasil mencapai tujuan timnya.

Ketika ada satu saja yang malas-malasan bahkan mengabaikan, ini berdampak pada keseluruhan. Keterlambatan dalam menyelesaikan tugasnya menyebabkan penundaan kerja ke yang lainnya, menurunkan semangat, bahkan memengaruhi emosi hingga kualitas akhir pekerjaan.

Perilaku tersebut merugikan banyak pihak hingga memicu ketegangan hubungan antaranggota. Beban kerja jadi bertambah berat, belum lagi kalau kena teguran atasan, satu sama lain bisa saling menyalahkan.

1. Kurangnya pengawasan dan ketegasan

Kurang pengawasan terhadap proses kerja bisa jadi penyebab dia santai-santai dan cuek terhadap batas waktu yang ditetapkan. Terlebih lagi, jika kamu juga gak tegas setiap kali dia melanggar batas. Inilah alasannya kenapa teman timmu selalu menyepelekan, karena ketika melanggar, kamu tetap memberinya kelonggaran.

Mulai berani tegas terhadap siapa saja yang gak bisa tepat waktu, sekalipun dia teman akrabmu. Pertemanan tetap pertemanan, namun kalau sudah masuk ranah kerja, profesionalitas tetap jadi utama.

Lakukan pertemuan rutin untuk saling melaporkan kemajuan supaya bisa memantaunya. Dengan begitu, pola kerja akan lebih tertata dan bisa mencapai tujuan bersama.

2. Kurang jelas dalam menyampaikan tugas dan tanggung jawab

Kemampuanmu dalam menyampaikan tugas dan tanggung jawab juga perlu jelas, sebab kalau tidak, bisa saja dia mengulur waktu karena bingung harus bagaimana. Ketika awal mulai kerja, diskusilah bersama, dan izinkan setiap anggota bertanya supaya jelas dengan apa yang perlu dikerjakannya.

Kurang jelasnya pemahaman akan tugas bisa menyebabkan kebingungan dan penundaan waktu cukup lama. Sebab, saat bekerja akan ada beberapa orang yang sibuk bertanya ke rekan lainnya, sehingga waktu produktifnya juga terganggu. Beri arahan yang jelas dan lengkap, serta pastikan semua anggota telah paham akan kewajibannya.

5 Sebab Rekan Kerja Selalu Mengulur Waktu Setiap Setim denganmu

3. Sikapmu yang terlalu lemah dan banyak memberi keringanan

Bersikap baik dan pengertian itu penting karena bisa mendukung kerja tim. Namun, jika setiap kali ada yang menyalahgunakan kebaikanmu hingga menyepelekan, ini juga jadi alasan dia terus mengulang sikap buruknya dalam bekerja.

Beri batas waktu sewajarnya dan beri konsekuensi dari setiap anggota tim yang tak mampu tepat waktu menyelesaikannya. Jangan terlalu longgar, apalagi sama rekan yang modelnya begitu, bisa-bisa kamu repot sendiri nantinya.

Jika ada alasan jelas atas penundaannya, berikan dukungan dan bantuan secukupnya. Terkadang, kalau kamu berlebihan membantunya itu juga membuatnya menggampangkanmu.

4. Gak pernah diberi peringatan maupun teguran

Jika ini selalu terjadi, bahkan gak sama satu orang, hampir setiap rekan yang bekerja sama denganmu bersikap menyepelekan, bisa jadi karena kamu juga selalu memaafkan dan membiarkan. Gak pernah memberinya peringatan maupun teguran akan membuatnya berpikir pasti kamu gak masalah mau sampai kapan pun selesainya.

Mulai sekarang, cobalah berani untuk menegur. Jika ada yang mengulur waktu maupun mengerjakan tugas asal-asalan, berikan peringatan awal. Ini juga sebagai kesempatannya memperbaiki diri, namun kalau sudah sampai lebih dari tiga kali masih begitu, kamu perlu mengambil sikap tegas.

5. Kurang motivasi darimu

Ada juga yang tipe mengulur waktu karena kurang dapat motivasi darimu. Apalagi jika kamu yang jadi pemimpin, penting untuk memberikan semangat dan motivasi. Cobalah jangan selalu sibuk sendiri, berikan perhatian dan apresiasi ke anggota timmu, sehingga muncul motivasi untuk bekerja sigap dan tepat.

Mengelola kerja tim memang susah-susah gampang, karena setiap orang punya karakter berbeda. Ada yang sigap dan bertanggung jawab, ada pula yang hobinya mengulur waktu karena berbagai alasan. Jika rekan kerja timmu ada yang kurang profesional, kelima penyebab tadi silakan dicermati. Mana yang jadi penyebabnya, temukan solusi bersama.

Dapatkan Jackpot Berkali kali Lipat Hanya di Games Zoyaqq klik disini : 📷https://heylink.me/ZOYAQQ/

ADMIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *